Camping Ground Tikus Emas

Melalui 'Goes To School', KPU Bangka Terus Gencar Berikan Pemahaman Tentang Kepemiluan

18, February 2019 - 01:27 PM
Reporter : adithan
KPU Kabupaten Bangka Sosialisasi Kepemiluan ke pelajar melalui Goes To School
KPU Kabupaten Bangka Sosialisasi Kepemiluan ke pelajar melalui Goes To School

Bangka Terkini, Sungailiat --- Dalam rangka memberikan pemahaman arti pentingnya Pemilu 2019 serta meningkatkan angka partisipasi pemilih dikalangan pemilih pemula, KPU kabupaten Bangka gencar melakukan sosialisasi kepada perwakilan pelajar yang telah memiliki hak pilih dengan mendatangi berbagai SLTA di Kabupaten Bangka dengan tajuk KPU Bangka Goes To School.

Seperti baru-baru ini, KPU Bangka mengadakan kegiatan Goes To School dilokasi yang berbeda, yakni di SMA Plus Bahrul Ulum (Kamis,14/02/2019) dan SMKN 2 Sungailiat (Jum'at,15/02/2019).

Ketua KPU Bangka, M.Hasan menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini memberikan pemahaman tentang pentingnya arti Pemilu 2019 kepada para pelajar yang masuk kategori pemilih pemula.
" Selain menyampaikan arti pentingnya Pemilu, pemilih pemula ini di jelaskan tentang waktu pelaksanaan pemilu, peserta pemilu, jenis dan warna surat suara, ajakan untuk menolak politik uang serta bisa memilah informasi yang benar mengenai pemilu," ujar Hasan.

Acara sosialisasi yang dikemas berupa simulasi pemungutan suara ini melibatkan pelajar sebagai pemilih serta petugas KPPS. Selain itu juga dilakukan tanya jawab kepemiluan serta pembagian door prize.

Hartati, Komisioner KPU Bangka Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat yang bertindak sebagai narasumber mengajak pemilih pemula turut berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu 2019 ini. " Adek-adek pelajar yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, jangan sia-sia hak anda.Ayo gunakan dengan baik pada tanggal 17 April 2019 dengan mendatangi TPS yang ada dari pukul 7.00 sampai 13.00 wib " ajak Hartati.

"Adek-adek akan mendapatkan lima jenis surat suara, yakni surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten" tambah Hartati.

Sementara itu Riaz Akmal, salah seorang pelajar SMA Plus Bahrul Ulum mengungkapkan kebahagiaannya dengan kegiatan Goes To School ini. " Saya sebagai pemilih pemula menyambut baik kegiatan ini karena pengetahuan tentang kepemiluan sangat penting bagi kami. Sebagai generasi muda, saya mengajak kawan-kawan agar menggunakan hak pilih dan tidak golput," ujar Akmal.

Lanjut Melpina, siswi SMKN 2 Sungailiat kelas XII Jurusan Administrasi dan Perkantoran mengakui bahwa sosialisasi ini menambah pengetahuannya. "Alhamdulillah, saya jadi tahu tentang pemilu, tahu cara mencoblos, tahu lima surat suara, tahu parpol dan tahu Pemilu 17 April 2019," tutup Melpina.